Jumat, 30 Januari 2015

Mengenal layar HP

Iseng iseng ada artikel bagus dari blognya XL,  ane share ah dimari moga berguna buat temen temen semua.
Goresan atau benturan merupakan musuh utama dari setiap pemilik smartphone berlayar sentuh. Oleh karena itu tidak sedikit pengguna smartphone yang menambahkan lapisan pelindung agar layar mereka aman dari goresan. Pelindung layar smartphone atau yang bisa disebut lapisan anti gores tersebut banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi.
Namun yang akan kita bahas di sini bukanlah jenis pelindung tersebut, melainkan lapisan kaca pelindung yang sudah terdapat pada sebuah smartphone ketika kita membelinya. Kaca pelindung ini sudah tertanam langsung pada smartphone sehingga kita tidak perlu lagi membeli lapisan anti gores tambahan.
Gorila Glass merupakan jenis pelindung layar smartphone yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Namun selain itu masih banyak jenis pelindung lain yang banyak digunakan oleh smartphone saat ini. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.
Oleophobic Coating
Oleophobic Coating merupakan sebuah lapisan pelindung yang ditempelkan di atas permukaan kaca. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi permukaan kaca dari minyak ataupun kotoran yang berasal dari jari tangan. Lapisan ini juga mampu melindungi dari goresan-goresan ringan. Beberapa perangkat lawas biasanya menggunakan lapisan pelindung ini, seperti Samsung Galaxy Nexus I9250, Samsung Google Nexus S, dan Sony Xperia Tablet S.
Scratch-Resistan Glass
Jenis pelindung layar smartphone selanjutnya adalah Scracth-resistant glass. Sesuai dengan namanya, lapisan kaca ini mampu menahan berbagai macam goresan ringan yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari. Jenis pelindung ini biasanya digunakan pada berbagai perangkat Xperia kelas menengah ke bawah buatan Sony.
Corning Gorilla Glass
Dibuat oleh perusahaan bernama Corning, Gorilla Glass merupakan material pelindung yang paling populer saat ini. Gorilla Glass terkenal dengan lapisan kacanya yang kuat namun berukuran cukup tipis sehingga sangat responsif ketika digunakan. Saat ini sudah terdapat tiga generasi dari lapisan pelindung ini, yakni Gorilla Glass 1, Gorilla Glass 2, dan Gorilla Glass 3.
1. Gorilla Glass 1
Layar yang menggunakan Gorilla Glass 1 memiliki ketebalan yang berkisar antara 0,5 mm hingga 2 mm. Meski tipis dan terasa ringan, tapi tidak mengurangi kekuatannya. Lapisan ini mampu menahan berbagai goresan yang lebih berat seperti dari kunci dan lainnya. Beberapa Smartphone yang memakai Gorilla Glass 1 ini di antaranya adalah Samsung Galaxy S, Samsung Galaxy S II, LG Optimus L7, dan HTC Desire S.
2. Gorilla Glass 2
Gorilla Glass 2 menjadi lebih tipis sekitar 20 persen dari seri pertama namun tetap memiliki kekuatan yang sama. Dalam sebuah pengujian Gorilla Glass 2 dapat menahan tekanan sampai 120 pound (54.43 kg) tanpa mengalami kerusakan. Beberapa Smartphone yang memakai Gorilla Glass 2 ini di antaranya adalah HTC One, Motorola RAZR M, Oppo Find 5, dan Samsung I9300 Galaxy S III.
3. Gorilla Glass 3
Gorilla Glass 3 hadir dengan daya tahan 3 kali lebih kuat dibandingkan dengan Gorilla Glass 2. Bekas goresan yang terjadi pada kaca ini juga hanya 40 persennya saja yang terlihat mata telanjang. Fitur Never Damage Resistance yang dimilikinya juga membuat layar smartphone tetap utuh meskipun terjatuh. Gorilla Glass 3 sendiri banyak digunakan pada berbagai smartphone flagship terbaru.
Dragontrail Glass
Dragontrail Glass merupakan jenis pelindung layar smartphone yang paling kuat karena mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm. Lapisan kaca ini mamapu melewati uji tekuk (bending) dengan beban 60 kg dan pukulan palu tanpa kerusakan. Beberapa smartphone yang menggunakan layar ini adalah Sony Ericsson Xperia Active, Xiaomi MI2, dan Sony Xperia Z series.
Yuk Mengenal Berbagai Jenis Pelindung Layar Smartphone | http://www.xl.co.id/id/rumahnya-android/tips-trik/artikel/yuk-mengenal-berbagai-jenis-pelindung-layar-smartphone

Tidak ada komentar: